Categories
Uncategorized

Jumat Agung, Hari Peringatan Penyaliban Yesus untuk Orang Kristen

Jumat Agung adalah hari peringatan Penayalban dan kematian Yesus Kristus di kayu salib bagi orang Kristen. Kematian Yesus diyakini sebagai bentuk penebusan umat manusia untuk dapat memperoleh kehidupan kekal.
Acara kesedihan ini adalah salah satu perayaan suci bagi orang Kristen. Untuk mengetahui lebih lanjut Apa itu Jumat Agung, mari kita lihat penjelasan di bawah ini!

  1. Apa arti Jumat Hebat?

Jumat Agung umumnya menjadi peringatan kematian Yesus Kristus bagi orang Kristen. Dalam Alkitab (1 Korintus 15: 3), tertulis bahwa kematian Yesus adalah bagian terpenting dari perjalanan hidupnya. Yesus meninggal, terkubur, dan bangkit pada hari ketiga, menurut apa yang dijanjikan oleh Tuhan sejauh ini.
Mengutip dari Christianity.com, Jumat Agung menjadi hari ketika Wrath dan Mercy bertemu di kayu salib. Yesus menanggung salib, mengetahui hal itu menyebabkan kebangkitan-Nya, keselamatan kita, dan awal pemerintahan kebenaran dan damai Allah.

  1. Dalam kehidupan sehari-hari, Jumat Agung memiliki arti pengorbanan, penderitaan, dan kemenangan

Arti Jumat Agung dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan pengorbanan, penderitaan, dan kemenangan. Yesus rela mengorbankan dirinya sendiri, sebagai bentuk besar cinta dalam kemanusiaan.
Tidak berhenti di situ, Jumat Agung menjadi makna bahwa penderitaan bukanlah akhir. Seperti Yesus yang membawa salib ke Bukit Golgota, semua orang mengambil salibnya sendiri. Jika kita memiliki pola pikir pemenang, kita tidak akan menyerah sampai mencapai kemenangan itu.

  1. Suasana keheningan dan bersedih sebagai ritual perayaan Jumat yang hebat

Good Friday adalah salah satu dari rangkaian perayaan Paskah Kristen setelah Kamis (perayaan perjamuan terakhir). Pada hari perayaan ini, orang-orang Kristen mengenakan pakaian berwarna gelap untuk menunjukkan suasana kesedihan.
Di beberapa sekolah Kristen, suasana ibadat atau massa Jumat yang hebat dibuat diam tanpa lagu. Suasana ini merupakan bentuk penghormatan terhadap pengorbanan Yesus Kristus sebagai Juruselamat umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *