Categories
Uncategorized

Sejarah Hari Vesak dan berbagai perayaan di dunia.

Tahun ini, umat Buddha merayakan Hari Waisak Suci yang jatuh pada 26 Mei. Laporan dari beberapa sumber, sejarah Hari Vesak dimulai karena peristiwa-peristiwa penting.
Vesak dirayakan setiap bulan pada saat cahaya bulan atau istilah lain, yaitu, Purnama Sidhi untuk memperingati Trisuci Vesak, tiga peristiwa penting, yaitu, kelahiran, informasi hebat dan kematian Buddha Gautama.

  1. Kelahiran Príncipe Siddharta
    Pangeran Siddharta adalah putra dari beberapa Raja Sudodhana dan Ratu Mahamaya, yang lahir di Lumbini Park pada 623 sebelum AD.

Kelahiran Príncipe Siddharta akan menjadi bodhisattva, seorang kandidat Buddha yang akan mencapai kebahagiaan yang lebih besar.

  1. Pangeran Siddharta mencapai pencahayaan Agung
    Pada usia 29, Pangeran Siddharta telah meninggalkan istana untuk mencari kebebasan usia tua, sakit dan sekarat.

Tepat ketika Purnama Sidhi Moon Vesak, yang jatuh 588 sebelum AD, Pangeran Siddharta datang ke informasi tertinggi dan memperoleh gelar sebagai Buddha.

  1. Prestasi Parinibbana.
    Pada usia 80, Sang Buddha meninggal atau tiba di Parinibbana di Kusinara pada 543 sebelum AD. Para pengikutnya juga membuat sujud sebagai bentuk penghormatan terakhir terhadap Buddha.

Tiga peristiwa yang mendasari sejarah Hari Vesak diputuskan pada konferensi persaudaraan Buddha Buddhis WFB, yang berwenang untuk perayaan Vesak pada bulan purnama pertama pada bulan Mei dan terus diperingati setiap tahun di bulan yang sama, tetapi tanggal yang berbeda menyesuaikan yang lama Kalender Lunar Vesakha.

Nama Vesak itu sendiri berasal dari salah satu bulan kuno janji India yang juga disebut Vesakha, Vesak atau Wesak.

Berbagai Perayaan Waisak

Ada perbedaan dalam cara Buddha di berbagai belahan dunia dalam perayaan Vesak tergantung pada tradisi masing-masing. Di Indonesia, perayaan Vesak biasanya dilakukan di kompleks Kuil Borobudur.

Dalam implementasinya ada beberapa set Direktur Vesak, yang meliputi:

Ekstraksi air berkat Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah.
Nyalakan obor yang menggunakan sumber api abadi di Mrapen, Grovan, Jawa Tengah.
Menerapkan ritual Pindapatta dengan memberikan dana makanan kepada para bhikkhu untuk membuat kebajikan.
Samadhi di atas bulan purnama. Penentuan bulan purnama ini didasarkan pada perhitungan Falak, sehingga puncak bulan purnama dapat terjadi pada siang hari.
Selain kegiatan utama, perayaan Vesak juga umumnya dianimasikan oleh pawai dan acara seni lainnya. Perayaan Vesak di Borobudur selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Di Nepal, perayaan Vesak dikenal sebagai Buddha Jayanti, para Buddha dari berbagai bagian dunia mengunjungi Lumbini Buddha Birthitch Points of the Cuencle.

Sementara di Thailand, hari Vesak atau Visakha Bucha, biasanya diadakan di Istana Raja Raja, Bangkok, mengubah ribuan lilin di sekitar patung Buddha.

Sementara di Korea Selatan, perayaan Vesak akan dimulai seminggu sebelum H. Buddha Korea Selatan menghiasi kuil dan kuil dengan lentera berwarna-warni.

Ketika beribadah di bait suci, umat Buddha Korea Selatan juga melakukan tradisi menulis harapan dan menggantungnya di lentera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *