Categories
Slot Online

Mengenal Perangkat TWS Bluetoth

Ketika memiliki smartphone, salah satu aksesoris yang tidak bisa dipisahkan yakni earphone dan headset. Aksesoris ini dibutuhkan untuk mendengarkan musik hingga panggilan telepon.

Berbicara earphone dan headset, kedua aksesoris tambahan ini jauh berkembang seiring kemajuan teknologi. Ditambah, semakin tingginya daya beli masyarakat akan aksesoris tersebut.

Dahulu, penggunaan earphone dan headset tak bisa dipisahkan dari kabel. Alih-alih ingin mendengarkan musik di handphone kita harus lebih dahulu merapihkan kabel yang kusut.

Jelas ini membuat sebagian penggunanya merasa  kesal lantaran kabel yang kusut membuat headset dan earphone cepat rusak. Apalagi jika dipakai sesering mungkin.

Seiring kemajuan teknologi, fungsi dari headset dan earphone pun berkembang. Kini, tak ada lagi penggunaan kabel yang gampang kusut sehabis digunakan.

Penggunaan headset dan earphone semakin nyaman dengan tingkat kejernihan audio tinggi. Ini berkat hadirnya perangkat audio bernama True Wireless Stereo (TWS).

Pada awal kemunculan pada 2016 lalu, grafik penjualan perangkat TWS cukup mengejutkan karna lebih cepat dibanding penjualan perangkay audio lainnya.

Para produsen gadget besar seperti Apple, Samsung dan lainnya yang memperkenal perangkat TWS pun banyak disukai para penggunanya. bahkan, mereka mulai bermigrasi dari earphone dan headset dengan kabel ke TWS.

Melansir dari situs Statiska, data penjualan perangkat TWS mengalami peningkatan dua kali lipat dalam waktu 2 tahun yakni dari tahun 2016 – 2018.

Pada awal kemunculan, perangkat TWS hanya mengantongi penjualan 15 juta unit. Jumlah tersebut meningkat menjadi 51 juta pada 2018.

Kepopuleran perangkat TWS pun tiap tahunnya semakin besar. Ini dibuktikan dengan hasil penelitian lembaga riset bernama Counterpoint yang mengatakan pangsa pasar TWS tumbuh sebesar 33 persen di tahun 2021 atau mencapai 310 juta unit.

Angka yang fantastis bukan ?

Menurut Counterpoint, peningkatan jumlah tersebut tak lain lantaran pilihan perangkat TWS yang kian beragam ditambah harga yang semakin beragam.

Ada banyak pilihan perangkat TWS tipe entry level yang mematok harga puluhan ribu sehingga mudah dibeli banyak orang yang memiliki budget terbatas.

Produsen-produsen gadget besar seperti Iphone, Samsung, Xiaomi hingga OPPO masih menguasai pasar TWS di dunia saat ini.

Jika Bonanza88 perhatikan, bagaimana bisa perangkat TWS dengan teknologi nirkabel dengan cepat dapat menarik para pengguna gadget ?

Pertanyaan tersebut timbul karena penggunanya semakin besar. Lantas, Bonanza88 coba telusuri apa saja kelebihan dari perangkat TWS. Simak sampai habis artikel di bawah ini ya :

  1. Tanpa Ribet Kabel Kusut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan earphone dan headset ‘jadul’ cukup riskan karena adanya kabel. Kabel ini gampang kusut karena harus digulung setelah pemakaian agar rapi saat ditaruh di kantong.

Berbeda dengan perangkat TWS nirkabel yang terkoneksi dengan bluetoth gadget. Pengguna bisa mendengarkan musik, menonton video dan melakukan panggilan telfon dengan nyaman tanpa kabel yang tersangkut.

Dengan begitu, bisa memudahkan berbagai aktivitas para pengguna perangkat TWS. Semisal ketika tengah berolahraga, berangkat ke kantor hingga bersantai di coffe shop favorit.

  1. Harga Terjangkau

Saat ini, untuk memiliki perangkat TWS tak perlu merogoh kocek dalam. Pasalnya sudah banyak pabrikan TWS yang membandrol harga puluhan ribu.

Banyak marketplace menjual TWS entry level alias kelas bawahy yang umumnya berasal dari pabrikan asal China yang memang dikenal dengan harga miring di pasaran.

Namun, ada juga pengguna perangkat TWS dengan kelas menengah hingga premium dengan kualitas audio unggulan. Harga yang dibanderol pun bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Memiliki Desain Unik

Menariknya, TWS saat ini memiliki desain unik seperti earbuds dan juga charger case-nya. Bisa dilihat dari bentuk dan warna yang beraga,

Apalagi masing-masing pabrikan memiliki desain berbeda. Jadi perangkat TWS juga bisa dijadikan aksesoris fashion gadget Anda.

  1. Hemat Daya

Penggunaan TWS yang sering dibawa ke luar membuat penggunanya repot mengisi ulang daya baterainya. Namun, untungnya TWS termasuk perangkat yang memiliki hemat daya.

Umumnya, untuk sekali pakai, ketahanan TWS bisa mencapai 8 jam dengan total 17 jam menggunakan charging case. Ditambah pengisian daya cukup cepat dengan fitur fast charging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *