Categories
Slot Online

Seberapa Penting Email Marketing Menjangkau Pelanggan Anyar ?

Strategi pemasaran digital penting dilakukam setiap perusahaan agar bisa bertahan dari kerasnya dunia persaingan bisnis saat ini.

Pasalnya, jika strategi pemasaran digital bagus maka kesempatan mendapatkan pelanggan baru semakin besar. Tentu ini menjadi impian setiap perusahaan bukan.

Nah, berbicara strategi pemasaran digital tak afdol rasanya jika tak membahas email marketing. Salah satu promosi pemasaran digital ini sangat penting dan tak bisa disepelekan begitu saja.

Ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan McKinsey & Co Study yang menyebut, peran email marketing 40 kali lebih efektif dalam menjangkau target pelanggan baru jika dibandingkan dengan media sosial seperti facebook dan twitter.

Jelas ini menjadi ceruk besar bagi perushaan untuk melakukan pendekatan pelanggan dalam bisnis yang sudah beralih ke dubia digital marketing.

Nah, sebelum lebih jauh membahas peran email marketing ada baiknya pembaca Bonanza88 menjelaskan pengertian dasar email marketing.

Apa itu email marketing ?

Bisa dikatakan email marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan memanfaatkan media email. Caranya dengan mengirimkan email berupa informasi promo-promo menarik kepada calon pelanggan atau pelanggan.

Email marketing juga dapat membangun hubungan baik dengan para pelanggan baru dan lama. Dengan begitu bisa meningkatkan brand loyalty sebuah produk perusahaan.

Saat ini, peran email marketing bagi bisnis online begitu powerful apabila sebuah perusahaan dapat melakukan kampanye secara personal.

Jenis Email Marketing

Baiknya, pembaca Bonanza88 mengetahui jenis-jenis email marketing yang selama ini digunakan dalam pemasaran promosi digital. Saja saja ? simak penjelasan di bawah ini :

  • Direct Email

Direct email tak lain ialah pesan yang dikirim ke daftar email pelanggan lama dan pelanggan baru secara serentak di waktu bersamaan.

Isi dari direct email ini biasanya promosi untuk menjadi pelanggan baru  seperti diskon, casback dan lain sebagainya untuk berbagai produk menarik lainnya.

Saat mengirimkan direct email ini, sebaiknya jangan terlalu sering karena bisa saja calon pelanggan menjadi tidak nyaman dan menandai sebagai sebuah spam.

  • Retention Email

Pada dasarnya, retention email hanya dikirimkan kepada pelanggan lama saja. Tidak termasuk kepada pelanggan anyar. 

Tujuan jenis email satu ini tak lain untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama agar selalu ingat dengan perusahaan dengan memberikan berbagai promo dan informasi menarik.

  • Email Pihak Ketiga

Terakhir ada email marketing pihak ketiga. Email marketing satu ini sangat cocok dilakukan dalam pemasaran online. Bagaiman bisa ?

Ya, Bonanza88 kasih bocorannya. Contohnya, ketika perusahaan kekurangan data email pelanggan baru, maka bisa memanfaatkan email list dari pihak ketiga.

Biasanya, pihak ketiga inilah yakni sebuah perusahaan telekomunikasi yang sudah ahli dalam bidang ini sehingga bisa memberikan data email pelanggan baru.

Tentunya, untuk menggunakan jasa pihak ketiga perlu menyiapkan dana cukup besar atas jasa tersebut. Jika pandai menemukan, Anda juga bisa menemukan harga yang cukup terjangkau.

Seberapa Penting Manfaat Email Marketing ?

  • Target Promosi Tertarget

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat email marketing yakni target promosi yang tertarget dengan benar sehingga bisa mendongkrak penjualan produk perusahaan. 

Di sini, perusahaan bisa menawarkan promosi atau informasi menarik kepada pelanggan lama dan baru langsung. Pelanggan pun bisa mengetahui lebih cepat tentang produk dan layanan terbaru.

  • Hemat Budget

Tak perlu mengeluarkan budget besar untuk promosi email marketing dibanding cara promosi konvensional lainnya yang lebih mahal seperti iklan di tv, billboard dan lainnya sebagainya.

Ditambah, tingkat penyampaian kepada pelanggan cukup tinggi karena bagaimana pun email  sudah terkoneksi dengan gadget pribadi sehingga tak harus membuka melalui laptop/komputer.

  • Trend Masa Kini

Penggunaan email marketing rupanya menjadi bagian dari trend pemasaran digital saat ini. Selain fleksibel dan tepat sasaran, email marketing lebih mudah diterima pelanggan apalagi generasi milenial.

Jadi jika ingin sebuah informasi cepat sampai kepada pelanggan maka manfaatkanlah email marketing sebaik mungkin. Pasalnya, kemajuan teknologi memaksa perusahaan untuk menerapkannya jika tak ingin bangkrut di tengah jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *