Categories
Popular News Slot Online

Internet of Things (IoT): Konsep, Manfaat, dan Perkembangan Terkini

Internet of Things atau IoT di berapa tahun terakhir ini, kerap menjadi jargon spesial di kancah teknologi. IoT ini memang terdengar keren, tapi tidak hanya sekedar keren saja, keberadaan IoT lebih dari itu terlebih di era sekarang ini. Yang mana transformasi digital sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan juga sektor yang lain. Di sini nanti akan dijelaskan mengenai Internet of Things atau IoT: konsep, manfaat, dan perkembangan terkini. 

Jadi jika Anda ingin mengetahui apa itu konsep, manfaat, dan perkembangan tentang Internet of Things maka Anda bisa simak uraian artikel ini, karena di sini akan dijelaskan secara lengkap mengenai IoT tersebut agar nantinya Anda paham bagaimana pentingnya IoT dalam dunia bisnis. 

Jadi silakan simak baik-baik uraian artikel ini tentang Internet of Things yang membuat bisnis mampu berevolusi dengan cepat.

Internet of Things (IoT): Konsep, Manfaat, dan Perkembangan Terkini

Di beberapa tahun terakhir ini Internet of Things memang menjadi suatu hal yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis di berbagai sektor industri. 

Sebab berkat IoT, banyak bisnis yang mengalami transformasi pesat dengan menciptakan inovasi-inovasi serta layanan canggih berbasis teknologi pintar dan terintegrasi. 

Bentuk komunikasi pintar dari IoT ini adalah machine to machine atau M2M ke manusia sebagai objek penggunanya. 

Jadi secara singkat IoT ini bisa menjadi teknologi yang memungkinkan segala sesuatunya terkoneksi dengan internet, misalnya saja mengontrol perangkat rumah seperti AC, kulkas atau TV yang saat ini sudah bisa dilakukan menggunakan remote dari satu perangkat saja.

Lalu apa sebenarnya Internet of Things tersebut?

Tentang Internet Of Things

Dikutip dari Wired, Internet of Things atau IoT ini merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan suatu objek untuk dapat mengirimkan data melalui koneksi tanpa bantuan komputer ataupun manusia. 

Jika dilihat ke belakang istilah IoT ini pertama kali dicetuskan oleh ahli teknologi asal Inggris yakni Kevin Ashton yang mana pada saat itu Kevin mendeskripsikan teknologi ini sebagai mata dan juga telinga dari perangkat komputer.

Yang lebih menarik lagi tentang Internet of Things ini ternyata jauh sebelum ada istilah IoT yang dicetuskan oleh Kevin Aston, ahli teknologi lulusan Massachusetts Institute of Technology yakni John Romkey telah menciptakan yang namanya perangkat pintar IoT pertama kali di tahun 1990.

Perangkat Internet of Things tersebut merupakan alat pemanggang roti yang mana bisa dikendalikan melalui komputer milik John Romkey sendiri. 

Lalu bagaimana cara kerja dari Internet of Things ini? 

Konsep dan Cara Kerja Dari Internet Of Things

Setiap penciptaan tidak mungkin tidak memiliki cara kerja dan juga konsepnya, pasti pencipta suatu penemuan telah memikirkan konsep penggunaannya dalam kehidupan manusia. Lalu untuk Internet of Thing sendiri bagaimana konsep dan cara kerjanya? 

Sederhananya IoT ini bekerja dengan cara memanfaatkan instruksi pemrograman yang pada setiap perintahnya mampu menghasilkan interaksi sesama perangkat yang terhubung secara otomatis tanpa adanya intervensi dengan pengguna, bahkan dalam jarak jauh sekalipun.

Di dalam Internet of Things ini ada faktor vital yang menjadi kelancaran penggunaan perangkat yakni jaringan internet yang menjadi konektor antara sistem dan perangkat yang bersangkutan. 

Sementara itu manusia sendiri dalam posisi ini hanya menjadi monitor untuk setiap penggunaan perangkat ketika bekerja. 

Manfaat Internet of Things

Sebagai terobosan sistem yang mampu membuat dunia bisnis semakin maju tentu saja Internet of Things ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kehidupan manusia di berbagai sektor. 

Ada tiga manfaat dari Internet of Things yang bisa Anda rasakan sebagai pengguna apa saja manfaatnya? 

1. Efisiensi

Internet of Things ini mampu menjadi penunjang efisiensi kerja serta aktivitas sehari-hari karena di zaman sekarang ini semakin banyak jenis koneksi yang diciptakan oleh ahli teknologi. 

Dengan hal ini, jumlah waktu yang Anda gunakan untuk menyelesaikan tugas akan semakin cepat. 

Dari sinilah efisiensi kegiatan yang Anda lakukan akan terjaga dengan sistem internet of Things. 

2. Monitor Kegiatan dengan Praktis

Manfaat selanjutnya dari Internet of Things ini mampu membantu Anda untuk memonitoring atau mengontrol keseluruhan kegiatan yang Anda lakukan lebih mudah, bahkan Anda pun juga dapat merekomendasikan alternatif kegiatan atau pekerjaan yang lebih gampang nantinya.

3. Koneksi Lebih Mudah

IoT ini juga bermanfaat bagi manusia untuk membantu menghubungkan perangkat secara mudah. 

Konektivitas antara perangkat nantinya akan semakin baik sehingga koneksi antar jaringan akan berjalan dengan mudah dengan sistem IoT ini.

Pengembangan Smart Office Berbasis Internet of Things

Internet of Things ini mampu mewujudkan berbagai macam konsep Smart Office yang sempurna sebab ini nanti pasti akan didukung dengan beragam jenis perangkat pintar untuk dapat menunjang produktivitas para karyawan. 

Oleh karena itu tidak heran jika solusi Smart Office yang ada di industri-industri di zaman sekarang ini didukung penuh oleh Internet of Things.

Dengan adanya Internet of Things ini mampu mengoptimalkan seluruh kegiatan perkantoran menjadi lebih mudah.

Biasanya teknologi Internet of Things ini kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menciptakan kantor cerdas agar dapat menunjang produktivitas para karyawan, agar bisa lebih cepat dan efektif agar bisa mendapatkan hasil kerja yang lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *