Categories
Popular News Slot Online

Mengenal Richi Mahjong Varian asli dari Jepang

Berdasarkan pengetahuan Bonanza88, salah satu permainan yang sangat digemari di Jepang adalah Richi Mahjong. Ini adalah permainan yang sedikit banyak mirip dengan mahjong China.

Perbedaan di antara kedua permainan mahjong ini terutama dalam bentuk kemenangan.

Jujur saja, bagi pemula, ini masih merupakan permainan yang cukup sulit dan menantang untuk bisa dikuasai.

Jadi, perlu pembahasan yang cukup panjang untuk bisa membuatnya lebih mudah untuk dipahami

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, Bonanza88 hanya akan membagikan informasi tentang riwayat Riichi Mahjong dan sedikit dasarnya untuk referensi awal Anda.

Sejarah permainan Riichi Mahjong

Mahjong Jepang, juga dikenal sebagai Riichi Mahjong, adalah varian dari permainan mahjong asal China kuno.

Meskipun aturan dasar permainan tetap dipertahankan, varian ini memiliki seperangkat aturan yang unik seperti riichi dan penggunaan Dora.

Variasinya adalah salah satu dari sedikit gaya di mana ubin yang dibuang diurutkan daripada ditumpuk dalam tumpukan yang tidak teratur.

Varian mahjong ini belakangan menjadi lebih populer berkat banyak anime dan manga yang memasukkannya sebagai bagian penting dalam cerita mereka.

Awal kelahiran mahjong asli Jepang itu diperkirakan terjadi pada sekitar tahun 1924. Seorang tentara bernama Saburo Hirayama membawa permainan mahjong China ke Jepang, kemudian itu berkembang pesat.

Lalu permainan tersebut berevolusi dan disederhanakan dari versi China. Kemudian aturan tambahan diadopsi untuk menambah tingkat tantangannya.

Pada tahun 2008, ada sekitar 7,6 juta pemain mahjong dan sekitar 8.900 panti mahjong di negara itu. 

Gambar terkait Richi Mahjong secara bertahap juga muncul di manga dan anime, yang tersebar luas di Internet. Ada juga versi video game dari mahjong strip.

Pada tahun 2010, Richi Mahjong (dan mahjong secara keseluruhan) dinobatkan menjadi permainan meja paling populer di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Kepopuleran Riichi Mahjong bahkan membuatnya memiliki liga kompetisi sendiri bernama M League. Kemunculan liga resmi secara langsung mengubah permainan tersebut menjadi olahraga profesional.

Di Jepang, sekarang bahkan ada mereka yang disebut sebagai pemain dan organisasi profesional mahjong.

Tercatat setidaknya ada lebih dari 1.700 pemain profesional yang tersebar di setengah lusin organisasi.

Seringkali anggota organisasi tersebut yang berkompetisi dalam turnamen internal dan acara eksternal melawan profesional lain dan masyarakat umum.

Para pemain menerima gaji sebagai pemain dan bahkan mengenakan kaos tim nasional.

Nama ubin

Sebagi bagian dasar memahami permainan Riichi Mahjong, kita perlu mengetahui nama ubinnya.  Mahjong Jepang biasanya dimainkan dengan 136 ubin atau tiles.

Ubin akan dicampur (kocok) dan kemudian berbaris menjadi empat dinding, masing-masing setinggi dua tumpukan dan lebar 17 ubin. 26 tumpukan digunakan untuk membangun hand awal pemain.

Ada 34 jenis ubin yang berbeda, dengan masing-masing empat jenis. Sama seperti Mahjong standar, ada tiga “setelan”, tile, pin (lingkaran), sō (bambu), dan wan (karakter), dan ubin kehormatan yang tidak memiliki peringkat (jihai).

Ubin kehormatan dibagi lagi menjadi ubin Wind (angin) dan ubin Dragon (naga).

Pada beberapa aturan mungkin memiliki ubin lima merah yang berfungsi karena Dora menghasilkan lebih banyak nilai.

Ubin bunga dan musimyang ada di mahjong China dihilangkan. Berikut ubin-ubin yang ada di Richi Mahjong berdasarkan bagiannya sendiri:

– Pin (pinzu):

Dinamakan demikian karena setiap ubin terdiri dari sejumlah lingkaran.

– Sō (sōzu):

Sõ adalah setelan nomor 3 dalam Mahjong. Mereka berbentuk tongkat bambu, dan jumlah banyaknya tongkat di ubin sesuai dengan angka itu.

Kecuali untuk 1 sõ yang berbentuk burung dan 8 sõ yang berbentuk 2 huruf M, tiap M memiliki 4 bambu, dengan total 8 buah bambu.

– Man (wanzu, atau manzu):

Ubin ini memiliki karakter merah di bawahnya dan angka yang ditulis dalam huruf kanji di atasnya. Satu set Mahjong memiliki 3 setelan dengan angka dari 1 hingga 9, dan Man adalah nama 1 dari 3 setelan tersebut.

Standar Jepang modern menggunakan wan sebagai akhiran setelan, sebagian besar bahasa Barat termasuk bahasa Inggris akan menggunakan man sebagai gantinya.

Angka tujuh dalam setelan ini disebut chiiwan dalam bahasa Jepang, tetapi ‘seven man’ (atau 7 orang) dalam bahasa Inggris.

Ubin Wind (kazehai):

Dinamai berdasarkan empat arah mata angin, yaitu 東 untuk Timur, 南 untuk Selatan, 西 untuk Barat, 北 untuk utara.

Ubin Dragon (sangenpai):

Bersama dengan ubin Wind, ubin Dragon adalah jenis potongan khusus yang tidak memiliki nomor urutan untuk dibentuk kombinasi.

Anda dapat membentuk kombinasi tiga Dragon pada gambar masing-masing naga putih, naga hijau, dan naga merah berdasarkan warna pada kartu.

Berdasarkan pengalamn Bonanza88, kombinasi ini tidak terlalu umum atau jarang dilakukan oleh banyak pemain, tetapi dapat diterima sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *