Categories
Popular News

Perkembangan Prosesor Inter dari Masa ke Masa Part 1

Sahabat Bonanza, jika diibaratkan sebagai ‘otak’ manusia sebagai pusat kendali, prosesor merupakan perangkat terpenting dalam sebuah komputer. 

Pasalnya tanpa adanya perangkat ini maka komputer tidak bisa beroperasi. Bisa dikatakan, prosesor berfungsi sebagai ketua pelaksana program atau perintah.

Seperti diketahui, komponen utamanya komputer ini terletak paa socket yang sudah tersedia oleh motherboard. Dimana, dapat digantu dengan prosesor lainnya namun dengan syarat harus sesuai dengan apa yang ada dalam motherboard.

Sekarang ini, ada banyak perusahaan prosesor yang berlomba memperkenalkan produk unggulan, satu diantaranya Intel. 

Yups, jika ingin melihat bentuk dari prosesor Inter maka kita tidak akan dapat melihat dari luaran komputer. Pasalnya, komponen ini sudah tertanam di dalam komputer.

Berbicara lebih jauh tentang komponen satu ini, rupanya prosesor Intel mempunyai berbagai seri yang harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui upgrade dari prosesor Intel agar ketika akan berencana membeli perangkat anyar komputer maka Anda tidak akan tertipu oleh oknum nakal penjual komputer.

Jika Anda penasaran dengan seri prosesor Intel dari waktu ke waktu, berikut informasi yang sudah Bonanza88 rangkum dari berbagai sumber.

Generasi Alder Lake

Prosesor Intel Alder Lake resmi diperkenalkan kepada public dalam sebuah ajang bernama Consumer Technology Association (CES) 2022. Kode Alder Lake tersebut mengacu kepada Intel Core generasi ke-12.’

Diketahui, Intel Alder Lake menjadi sebuah prosesor menarik lantaran hadirnya sistem kluster, yaitu P-Core untuk sebuah performa serta E-Core untuk sebuah efisiensi daya. Dimana. sistem ini agak mirip seperti kluster prosesor di chip smartphone. 

Pada awal perkenalan Alder Lake, pihak Intel juga mengenalkan H-series, S-series, P-series hingga U-series.

Jika melihat kemampuannya, Intel Alder Lake S menghadirkan prosesor hingga 16 core dan 24 thread dengan TDP yang dapat menghantarkan daya 35 – 65 Watt. 

Pihak Intel mengklaim, prosesor ini memiliki peningkatan sebesar 1,35 kali lebih cepat dalam multi-thread jika disandingkan dengan CPU Intel Core generasi ke-10. Peningkatan performa ini terjadi di semua sektor grafis. 

Sementara itu, pada Intel Alder Lake S-series menghadirkan Intel UHD Graphics 770 yang dapat digerakkan oleh arsitektur Intel Xe dalam mendukung tampilan virtual. 

Dan untuk H series, Intel menghadirkan prosesor 4 core CPU (6-P-core dan 8 E-core) dan 20 threads dengan rentang TDP mencapai 35-45 Watt. 

Tak ketinggalan, Intel juga menghadirkan P-series dan U-series dimana diperuntukan untuk laptop. P-series yakni prosesor Intel Alder Lake untuk laptop yang memiliki desain ramping namun ingin memiliki performa kencang. 

Lain lagi dengan U-series yang dapat beroperasi dalam rentang TDP 9-15 Watt yang juga diperuntukan untuk laptop lebih ramping. 

Generasi Tiger Lake

Generasi intel selanjutnya yang dirilis bernama Tiger Lake. Prosesor generasi kesebelas tersebut sudah menggunakan CPU serta GPU fabrikasi 1 nm++. Prosesor ini diklaim mempunyai performa jauh lebih kuat dan hemat daya baterai.

Diketahui, Tiger Lake pada Laptop menawarkan sembilan SKU produk dengan 4-core/8-thread dan pada seri terbawah 2-core/4-thread yang diantaranya menggunakan GPU Intel Iris Xe dan Intel UHD Graphics. 

Seri Tiger Lake ini lebih cocok dipasangkan pada Laptop dengan desain ringan dan tipis. Jika Anda ingin melihar laptop dengan Prosesor Intel Tiger Lake, berikut Bonanza88 berikan seri dari generasi ini.

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-1185G7
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-1115G4

Generasi Cannon Lake atau Ice Lake

Ini menjadi generasi ke-10, prosesor Intel yang diberi nama Cannon Lake.  Dimana, menawarkan performa super cepat. Diketahui, generasi Cannon Lake sudah diproduksi pada 2018 lalu yang memiliki teknologi 10 Nanometer.

Generasi satu ini telah menggunakan socket BGA1526 yang mendukung DDR4 3200 serta LPDDR4X 3733. Selain itu, tak ketinggalan dilengkapi WiFi 6, HDR 4K, teknologi Thunderbolt 3, dan sistem cerdas lainnya. 

Berikut Bonanza tulis beberapa seri Prosesor Intel generasi Cannon Like.

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-1065G7
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-1068NG7
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i5-1035G4
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-1005G1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *