Categories
Popular News

Perkembangan Prosesor Inter dari Masa ke Masa Part 2

Sahabat Bonanza, jika diibaratkan sebagai ‘otak’ manusia sebagai pusat kendali, prosesor merupakan perangkat terpenting dalam sebuah komputer. 

Pasalnya tanpa adanya perangkat ini maka komputer tidak bisa beroperasi. Bisa dikatakan, prosesor berfungsi sebagai ketua pelaksana program atau perintah.

Seperti diketahui, komponen utamanya komputer ini terletak paa socket yang sudah tersedia oleh motherboard. Dimana, dapat digantu dengan prosesor lainnya namun dengan syarat harus sesuai dengan apa yang ada dalam motherboard.

Sekarang ini, ada banyak perusahaan prosesor yang berlomba memperkenalkan produk unggulan, satu diantaranya Intel. 

Yups, jika ingin melihat bentuk dari prosesor Inter maka kita tidak akan dapat melihat dari luaran komputer. Pasalnya, komponen ini sudah tertanam di dalam komputer.

Berbicara lebih jauh tentang komponen satu ini, rupanya prosesor Intel mempunyai berbagai seri yang harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui upgrade dari prosesor Intel agar ketika akan berencana membeli perangkat anyar komputer maka Anda tidak akan tertipu oleh oknum nakal penjual komputer.

Jika Anda penasaran dengan seri prosesor Intel dari waktu ke waktu, berikut informasi yang sudah Bonanza88 rangkum dari berbagai sumber.

Generasi Coffee Lake

Sebuah nama unik yang disematkan pihak Intel untuk sebuah generasi prosesor bernama Coffee Lake. Generasi ke-9 ini,  telah dipublikasikan pada 2017. Dimana, Coffee Lake dapat menembus batas hingga 4 core per CPU.

Selain itu, Intel membenamkan penyebaran panas terpadu (HIS) ke CPU agar bisa meredam panas sebab panas yang bisa dihasilkan oleh inti processor Coffee Lake terbilang besar.

Generasi Coffee Lake diketahui menggunakan socket LGA 1151 dengan komponen piout bisa diganti untuk menopang lebih dari 4 core secara bersamaan dengan cache L3 hingga 16 MB. 

Berikut jajaran seri Prosesor Intel generasi Coffee Lake:

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i9-9900T
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i9-9900K
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i9-9880H
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i9-9980HK

Generasi Kabby Lake Refresh

Generasi ke-8 yang bernama Kabby Lake versi Refresh dirilis pada 2017. Meski menggunakan desain MA yang tampak serupa dengan pendahulunya, namun sisi performa mengalami peningkatan luar biasa.

Diklaim Intel, peningkatan performa Kabby Lake Refresh sebesar yaitu 40% dimana 2,3 kali lebih cepat. Ini lantaran Intel menambahkan sejumlah core. 

Bahkan beberapa chipset generasi Kabby Lake Refresh mempunyai dukungan RAM DDR4-2666 akan tetapi kurang didukung RAM DDR3. 

Berikut sejumlah seri Prosesor Intel generasi Kabby Lake Refresh:

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-8250U
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-8350U
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-8550U
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-8650U

Generasi Kaby Lake

Generasi Prosesor Kaby Lake lahir pada 2016. Generasi ini masih sama dalam menggunakan teknologi fabrikasi 14 Nanometer. Pada dasarnya, generasi Kaby Lake ialah penyegaran dari arsitektur Sky Lake sehingga tampak lebih efisien.

Kaby Lake menghadirkan socket LGA 1151 dengan mendukung dual-channel bagi tempat RAM DDR3L-1600 dan DDR4-2400. 

Uniknya dari generasi ke-7 ini yakni dilengkapi dengan arsitektur grafis anyar dalam menunjang kinerja grafis 3D dan pemutaran video 4K menjadi lebih cepat.

Kaby Lake sendiri merupakan sebuahu mikro-arsitektur perdana dari Intel dimana tidak dilengkapi dengan driver resmi pada sistem operasi yang lebih lama dari Windows 10. 

Agar tak penasaran, berikut seri-seri Prosesor Intel generasi Kaby Lake:

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-7300
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-7350K
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i5-7500T
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-7700T

Generasi Skylake

Agustus 2015, Intel mengeluarkan prosesor generasi bernama Skylake. Pada generasi ke-6 ini, telah dibenamkan teknologi fabrikasi 14 Nanometer.

Meski  tampak sama dengan generasi sebelumnya, namun kecepatan Prosesor ini bisa mencapai hingga 50% lebih tinggi dan lebih hemat daya.

Dengan menggunakan teknologi Speed Shift, Prosesor Skylake dapat menekan daya pemborosan baterai. Generasi satu ini juga mendukung penggunanya dapat menonton streaming video hingga kualitas 4K UHD. 

Berikut adalah jajaran seri dari Prosesor Intel generasi Skylake:

  • Seri Prosesor Intel® Core™ i3-6300T
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i5-6600T
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-6700T
  • Seri Prosesor Intel® Core™ i7-6700K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *